A. Pengertian
Electronic Fuel Injection (EFI)
EFI adalah sebuah kata singkatan dari Electronic Fuel
Injection. Adapun pengertian dari EFI
adalah sebuah sistem penyemprotan bahan bakar yang dalam kerjanya dikontrol
secara elektronik agar didapatkan nilai campuran udara dan bahan bakar selatian Elu
sesuai dengan kebutuhan motor bakar, sehingga didapatkan daya motor yang
optimal dengan pemakaian bahan bakar yang minimal serta mempunyai gas buang
yang ramah lingkungan. Dalam kehidupan sehari hari nama EFI telah dipakai oleh merk Toyota, sedangkan merk lain mempunyai
nama nama yang berbeda, akan tetapi prinsip dari semua sistem tersebut adalah
sama.
Adapun Fungsi dan cara
kerja komponen injeksi Bahan bakar bensin elektronik Sistem EFI itu terdiri
dari tiga system utama yaitu sistem bahan bakar, sistem induksi udara, dan sistem
control elektronik.
a) Sistem Bahan Bakar
Sitem
Bahan Bakar berfungsi untuk menyalurkan bahan bakar dari tangki ke ruang bakar.
Komponen sistem bahan bakar terdiri atas :
1. Pompa Bahan Bakar
Pompa
bahan bakar berfungsi utuk menyalurkan bahan bakar dari tangki ke injector. Pompa bahan bakar yang digunakan
adalah pompa bahan bakar listrik.
2. Fuel Pulsation Damper
Fuel
pulsation damper berfungsi sebagai penyerap perubahan tekanan pada saluran
tekanan karena adanya injeksi. Tekanan bahan bakar dalam intake manifold
dipertahankan oleh pressure regulator.
3. Pressure Regulator
Pressure
regulator berfungsi mengatur tekanan bahan bakar ke injector - injektor. Jumlah
bahan bakar yang di injeksikan diatur oleh sinyal yang di berikan ke injector
sehingga tekanan harus tetap pada tiap - tiap injketor.
Untuk mendapatkan jumlah penyemprotan yang tepat,tekanan bahan bakar
harus dipertahankan lebih kurang 2,55 kg/cm2.
4. Injector
Injektor
adalah sebuah nozzle elektromagnetik yang kerjanya dikontrol leh computer. Injektor
dilengkapi dengan heat insulator pada saluran masuk atau pada kepala slinder
yang dekat dengan lubang pemasukan.
5. Cold Start Injektor
Cold
start Injektor digunakan untuk mensuplai bahan - bahan pada saat suhu motor
masih rendah. Injektor ini dipasang di bagian tengah ruangan udara masuk. Injektor
bekerja hanya pada saat start bila temperature air pendingin di bawah 220
Celsius.
Sistem
induksi udara berfungsi untuk menyediakan sejumlah udara yang diperlukan untuk
pembakaran terdiri atas :
a) Throttle body
Throttle body terdiri atas katup therottle untuk
mengontrol udara masuk, sebuah system by pass udara yang mengatur aliran udara
pada putaran idle dan sebuah throttle position sensor untuk menyensor kondisi
terbukanya katup therottle.
b) Katup udara
Katup udara di gunakan untuk fast idle yang
bekerjanya oleh bimetal dan heat coil motor dalam keadaan dingin. Katup udara
di pasangkan pada permukaan samping kanan slinder. Jika putaran fast idle
selama pemanasan tidak stabil atau rendah maka hali ini antara lain disebabkan
oleh kesalahan pembukaan katup udara.
c) Air flow meter
Air flow meter mendeteksi jumlah udara yang masuk
dan mengirimkan sinyal ke computer yang menentukan dasar jumlah injeksi. Air
flow meter terdiri atas plat pengukur, pegas kembali, baut penyekat campuran
idle, sensor udara masuk dan switch pompa bahan bakar.
d) system Kontrol Elektronik (ECU)
Sistem
Kontrol elektronik mempunyai bermacam - macam sensor yang terdiri atas air flow
meter, Sensor air pendingin, sensor psisi katup gas, sensor udara masuk, sensor
gas tekan, dan sensor tekanan mesin. Perangkat ini akan menentukan lama kerja
injector. Kelengkapan yang lain adalah main relay yang menyediakan sumber arus
listrik ke computer. Circuit opening relay yang mengontrol kerja pompa bahan
bakar dan sebuah resistor yang menstabilkan kerja injector.
0 Response to "Pengertian Electronic Fuel Injection (EFI)"
Post a Comment